Sedekah Online

Mari Bersedekah

Inilah Dosa yang Biasa Dilakukan oleh Penulis Blog

Kali ini saya akan membahas sebuah dosa-dosa yang dilakukan oleh Copaser. Buat kamu orang yang suka copas artikel orang lain dalam dunia Blogging, sepertinya tulisan ini cocok banget deh buat kamu. Sebenarnya, aku juga pernah melakukan copas tulisan sana sini dalam beberapa hal *Curhat T_T


Inilah Dosa yang Biasa Dilakukan oleh Copaser
http://i1.wp.com/jihandavincka.com/wp-content/uploads/2015/03/blogger-copas.jpg

Oleh karena itu, saya akan mendiskusikan atau mengungkapkan, kenapa ada copas, apa sebabnya, dan juga apa tujuannya. Karen ini berupa tulisan pribadi yang merupakan sebuah Opini, maka siapa saja boleh megkritik atau menyanggah tulisan ini. Dan juga kritik yang membangun.


Inilah Dosa yang Biasa Dilakukan oleh Copaser
http://sd.keepcalm-o-matic.co.uk/i/don-t-judge-me-i-was-born-to-be-awesome-not-perfect-3.png

Sekarang, kita mulai dari apa itu copas. Secara pengertian yang saya pahami, copas(copy paste) adalah sebuah tindakan yan dilakukan seseorang untuk menyalin sebuah karya tulisan yang kemudian salinan ditaruh ketempat penyalinan(sebuah lembaran). Kalau dalam bahasa mudahnya, sobat bisa melihat seperi cara mesin fotocopy. Kurang lebih begitulah yang bisa saya jelaskna untuk hal ini.

Dalam dunia Blogging, atau siapapunlah, kemungkinan pasti pernah menyalin hasil tulisan orang lain dari situs web yang bersangkutan. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk, ya seperti yang kita ketahui pasti ada tujuan dan maksud tertentu. Kalau hanya menyalin biasa sih oke-oke saja. Yang bahaya itu, kalau menyalin lalu hasil salinan tersebut diakuinya sendiri. Mungkin mengcopy sama dengan menjiplak. Apalagi kalau mengcopasnya itu tidak seizin yang punya, dan juga termasuk perbuatan ilegal(menurut saya).

1. Mengcopas
Ada beberapa hal atau faktor kalau kita sering mengcopas sesuatu yang buka milik kita. berikut hal yang saya ketahui akibat dari seringnya mengcopas.
  1. Mematikan Kreativitas Seseorang
  2. Kecanduan
  3. Kurang Peduli
  4. Malas Untuk Berpikir Kreatif
Sebnarnya ada banyak sekali dampaknya bagi seseorang yang mengcopas artikel orang lain. Contoh kecilnya saja copas dari Facebook(fb), Twitter dan lain-lain yang kadang sulit sekali menemukan sumbernya kalau tidak dicantumkan sumber aslinya.

Maka dari itu, kurangi kebiasaan yang tidak baik ini, mengcopy artikel milik orang lain. Lebih baik kita berkerasi. Andaikata kalau kita bekerja, lalu ide kita itu meniru ide orang lain, walaupun sudah mengeditnya dengan cara mengubah sedikit isinya, pasti sudah ketahuan kalau itu tidak murni/asli dari hasil pikiran kita.

Tentu kita sebagai korban atau bahkan pelaku, pernah merasakannya bagaimana kalau artikel kita dicopy oleh orang lain tanpa seizin kita dan juga tidak ada sumbernya, pasti kecewa, marah sendiri lah jadinya. Sebagai korban copaser kita pasti merasa malas untuk melakukan atau membuat karya kita.

Kalau dilihat dari sisi positifnya, mungkin jika artikel blog ata situs kita dicopy oleh orang lain, itu berarti menandakan kalau artikel kita itu lebih bagus dan menarik. Karena tidak mungkin artikel yang *maaf) jelek di copy oleh orang lain, kalau orang tersebut tidak bisa membaca.

Kalau saya, mungkin orang yang suka copas itu belum bisa mengetahui letak kemampuan yang ia miliki. Itulah mengapa dia suka mengcopas artikel blog milik orang lain. Mungkin juga kurang kreatif, atau kreatifitasnya kurang memadai.

Mulai darisini, apakah anda akan masih selalu mengcopas artikel milik orang lain, atau membuat artikel murni hasil dari pikiran kita sendiri? Memang, kalau diduia maya itu tidak ada batasan, karena dirikita sendirilah yang mungkin bisa membatasi hal tersebut.

2. Berkomentar
Selain itu, berkomentar itu harus sesuai topik dalam pembahasan, baik dalm perBloggingan atau dalam sosial media. Misalnya saja, ada orang yang baik sengaja atau tidak, berkomentar tidak sopan atau menggunakan kata-kata yang kurang baik atau sopan, seperti menghina, mencaci maki, menggunakan kata-kata kotor dan sejenisnya. Tentu itu akan menyakiti hati si penulis Blog tersebut. Lebih baik, jika tidak bisa berkomentar baik, kita tidak usah menghiraukannya atau membiarkan diri kita unuk tidak ikut-ikutan menghina.
Terimakasih telah membaca artikel Inilah Dosa yang Biasa Dilakukan oleh Penulis Blog . Jika ingin copy paste artikel ini, harap mencamtumkan link http://bersedekahonline.blogspot.com/2016/02/inilah-dosa-yang-biasa-dilakukan-oleh.html Terimakasih atas perhatiannya.

Ada 2 Komentar Untuk " Inilah Dosa yang Biasa Dilakukan oleh Penulis Blog "

  1. Nice artikel gan, copas emang dosa yang sering dilakukan ama blogger :D

    ReplyDelete

Back To Top